Di Mulai dari Kampung ikut mencerdaskan Bangsa

Jumat, 08 Maret 2024

Paket Lebaran Buat Dhuafa


Ayah bunda, mungkin tidak semua orang memiliki kebahagiaan yang sama diantara kita, bisa jadi sebagian dari orang-orang sekitar kita tampak bahagia walau dapat menutupi kekurangan yang dimilikinya. Kebahagiaan disaat mungkin anak-anak mereka merasa bahagia dengan apa yang mereka dapatkan.

Kami ingin mengajak ayah bunda untuk memberikan Paket Lebaran buat Dhuafa, mungkin senyuman yang didapat bisa jadi kebahagian buat ayah bunda semuanya.

Ada 50 Dhuafa yang ingin kami berikan paket lebaran untuk Dhuafa dengan nilai @ Rp. 150.000,-

Untuk Donasi bisa melalui :

Rekening Bank
An. Nita Diah Astuti
MUAMALAT 3390005697
MANDIRI 90000 31088355

atau

an. Rinal Dides
BSI 7262595646


Jumat Berkah Ramadhan


Ayah bunda semua, program jumat berkah selalu kami adakan setiap jumat di awal bulan. kami memberikan untuk 40 keluarga setiap bulannya, alhamdulillah sudah berjalan hingga 2 tahun ini.

Ramadhan kali ini ingin mengajak ayah bunda untuk berbagi jumat berkah disetiap jumat di bulan ramadhan ini. Kami membagikan sayuran / buah2an dalam kantong. 

Untuk 1 titik dibagikan 40 bungkus sayur / buah, bayangkan jika dimasak dan dinikmati oleh 1 keluarga, maka banyak sekali kebaikan yang didapatkan.

Untuk Donasi bisa melalui :

Rekening Bank
An. Nita Diah Astuti
MUAMALAT 3390005697
MANDIRI 90000 31088355

atau

an. Rinal Dides
BSI 7262595646

Ramadhan Berbagi Takjil


Ayah bunda, Kampung cerdas mengajak ayah bunda semua untuk ikut dalam program Ramadhan berbagi Takjil bersama Kampung Cerdas.

Kampung Cerdas selama ramadhan ini akan membuat 1.000 paket takjil yang akan dibagikan di beberapa tempat surau/majelis taklim dan mushola, penyemangat buat anak-anak yang berbuka puasa di surau/majelis taklim dan mushola. Insyallah anak - anak tersebut akan menjadi penerus generasi muslim cinta masjid

Dengan donasi Rp. 5.000,- ayah bunda bisa mengajak 1 orang anak untuk berbuka puasa, semoga menjadi amal kebaikan buat ayah bunda dan keluarga.

Untuk Donasi bisa melalui :

Rekening Bank
An. Nita Diah Astuti
MUAMALAT 3390005697
MANDIRI 90000 31088355

atau

an. Rinal Dides
BSI 7262595646

Sabtu, 02 Maret 2024

Program Wakaf Quran Untuk Nagari


Ibu bapak yang dirahmati Allah swt

Kami kampung cerdas indonesia memiliki program sebar 1000 Quran untuk Nagari, alhamdulillah tahun lalu kami mengirimkan kurang lebih 50 pcs quran. Tahun ini kami mengajak kembali ibu bapak dalam program yang sama yakni program wakaf quran untuk nagari.

Kampung Cerdas mengajak ibu bapak untuk mewakafkan sebagian rezekinya untuk memberikan quran ke surau surau kami.

Kami membuka peluang berupa :

  • Donasi quran sebesar Rp. 125.000 / pcs, disalurkan melalui rekening BSI 7262595646 an. Rinal Dides
  • Menerima quran ukuran A5 atau A4, bisa dikirimkan ke sekretariat kami atau langsung ka nagari yang kami tuju
  • chanel / link lembaga yang memberikan quran, sehingga kami bisa mengaksesnya
Semoga kami dapat menjadi jembatan kebaikan buat kita semua.

Informasi bisa melalui wa.me/6281213958215

Wakaf Quran th. 2023


Kampung Cerdas siap untuk mensupport kelurahan layak anak

Th.2019 bersama Walikota Depok

Kampung Cerdas sejak 2015 bergerak dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, diawali dengan pengembangan pendidikan non formal / bimbingan belajar gratis hingga pemberdayaan ekonomi keluarga.

Rinaldi sebagai wakil ketua GTKLA Kelurahan Curug, melaksanakan program kampung cerdas dengan program unggulannya Rumah Baca, Rumah Belajar, Rumah Pelatihan dan Rumah QUran. Dimana jika 4 program ini berjalan di lingkungan RT / RW / Kelurahan maka tagline atau nama Kampung Cerdas bisa diwujudkan ditengah masyarakat.

Apresiasi yang terbesar adalah dukungan warga masyarakat untuk mewujudkan adanya gerakan Kampung Cerdas

Minuman Surga

Minuman Surga

Ibu Bapak, kampung cerdas membuat program Minuman Surga yakni membuatkan minuman jahe hangat buat para jamaah masjid yang melakukan kajian subuh. Dengan Rp. 20.000,- ibu bapak sudah memberikan minuman jahe sebanyak 1 teko untuk jamaah.

Untuk yang ingin ikut berperan serta bisa menyalurkan sedekahnya melalui :

Rekening BSI : 7262595646 an. Rinal Dides

atau melalui QRIS


Untuk informasi dan konfirmasi bisa melalui wa.me/6281213958215

Selasa, 26 Oktober 2021

FB Ads Complete - Day 8


 
Facebook Ads Complete


1- Basic Facebook Ads

Iklan online ini sama saja dengan jenis iklan lainnya, untuk bisa gunakannya kita harus membayar sejumlah uang yang nantinya akan ditukar dengan traffic atau kunjungan orang ke page fb atau ke akun ig atau lgsg ke landing page yang sudah kita siapkan. Apakah mereka yg datang pasti akan beli? Jawabannya tidak maka kita harus buat copy yang bagus lalu gambar yang menarik ditambah target audience yang tepat jangan asal - asalan. Gak ada rumus pastinya namun bisa dilihat perkiraan - perkiraan yang diberikan sebelum iklan berjalan.

FB ads ini bisa digunakan untuk fb dan ig, penempatan iklannya pun bisa dipilih agar sesuai dengan perkiraan dimana saja target audience teman - teman berada. Harganya pun tidak begitu mahal, namun karena sudah banyak yg pakai maka teman - teman harus membuat pembeda dari konten iklannya. Struktur fb ads dimulai dari tujuan campaign (objective), lalu ada adset (persona target market), terakhir ada ads (konten kreatif foto/video).


Tujuan iklan sudah dibagi oleh facebook menjadi 3 Kesadaran, Pertimbangan, Konversi :

1- Kesadaran/Awareness

  • Kesadaran merek: Bertujuan untuk meningkatkan awareness merek bisnismu dan menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produkmu.
  • Jangkauan: Menampilkan iklan ke sebanyak mungkin pengguna sesuai target yang telah ditentukan.
2- Pertimbangan/Consideration
  • Lalu Lintas Kunjungan: Bertujuan untuk mengirim orang orang/traffic menuju website atau aplikasi.
  • Interaksi: Bertujuan untuk mendapatkan interaksi pada suatu post. Contoh: Likes, komentar, atau tanggapan.
  • Pemasangan aplikasi: Mengajak orang-orang memasang/menginstal aplikasimu.
  • Penayangan video: Mengajak orang-orang menonton video yang kamu promosikan.
  • Pembuatan prospek: Mendapatkan leads seperti alamat email, untuk orang-orang yang tertarik dengan bisnismu.
  • Pesan: Mengajak orang-orang untuk mengirim pesan.
3- Konversi/Conversion
  • Konversi: Bertujuan untuk menghasilkan konversi/penjualan pada website-mu (Untuk melakukan tracking konversi kamu perlu memasang Facebook Pixel yang dibahas pada poin di bawah).
  • Penjualan Katalog: Menampilkan iklan mengenai katalog produkmu.
  • Kunjungan Toko: Bertujuan untuk mengajak orang-orang mengunjungi toko offline-mu.
    
Setelah tahu tujuan beriklannya apa, maka selanjutnya adalah mengetahui adset nya yg akan berisi target audience teman2. Ada tiga tipe audience dalam facebook ads yg bisa dipilih, yaitu: Saved audiences, Custom audiences, Lookalike audiences.

Saved audiences ini adalah persona target market yg awal sekali teman2 buat di fb ads jadi tanpa bantuan apa2 cuma nanti ada detail targetting dimana bisa pilih apa yg menurut teman2 target market itu berasosiasi, bisa kebiasaan/kesukaan/demografi dllnya, bisa dimasukkan atau jgn masukkan persona detail itu.

Custom audiences ini untuk teman2 yg punya nomor hp atau email yg memang sedang aktif digunakan sehingga iklan yg dibuat akan menyasar orang2 yg teman2 kumpulkan di group atau lewat lead magnet sebelumnya. Biasanya untuk re-target saja, misalnya produk teman2 memang akan dibeli terus2an jadi orang yg sama bisa diikuti iklan produk yg sama terus2an. Bisa juga ningkatin awareness terhadap brand kita agar konsumen semakin loyal terhadap brand kita.

Lookalike audiences ini intinya teman2 mencari orang2 serupa/mirip personanya dg yg sudah pernah disasar lewat custom audiences / pixel data / fb page data. Biasanya dipakai setelah teman2 punya persona yg pasti berhasil lalu mengembangkannya bisa menggunakan tipe audience ini sehingga jangkauannya lebih luas lagi.

Terakhir tinggal masukkan kreatif iklan yg sudah disiapkan sebelumnya, bisa berupa satu foto atau banyak foto atau video yg menggambarkan value yg teman2 tawarkan lewat produk teman2 baik barang maupun jasa. Buatlah semenarik mungkin karena walaupun jangkauannya besar tapi tidak berarti mereka akan langsung beli, bisa jadi hanya tertarik liat tapi belum siap beli ini harus dirancang dari awal agar uang untuk beriklan lebih efisien penggunaannya.


2- Langkah Ngiklan di Facebook

Berikut ini kami rangkumkan langkah2 untuk memulai beriklan, bagi teman2 yg masih baru sekali dalam menggunakan facebook ads:

  1. Buat akun fb dan buat fb page lalu bisa masuk ke www.facebook.com/ads/manager 
  2. Isi saldo iklan sesuai budget di tab billing & payment method
  3. Bisa pakai transfer bank jd gak perlu kartu kredit
  4. Masuk ke ads manager lagi lalu create/buat campaign
  5. Sebelum mulai buat campaign tentukan dulu mau dibawa kemana trafficnya?
  6. Siapa kira - kira target market yg disasar?
  7. Konten iklannya juga dibuat dulu ya, jadi nanti tinggal upload aja
  8. Klo dah semua tinggal ikutin aja dan isi sesuai kebutuhan lalu publish
  9. Klo ada yg error tinggal isi saja dg yg disarankan
  10. Lihat data langsung di performa berjalannya campaign
  11. Pasang pixel fb untuk yg butuh cek traffic yg klik tombol di landing page

Selesai deh, mudahkan?


3- Matriks Performa Iklan

Setelah iklan mulai berjalan, mungkin hal pertama yg kalian pikirkan adalah apa saja ya yg harus diperhatikan agar tau iklannya bagus atau tidak?

  • Lihat reach dan impressions yg terjadi, berapa nilainya? Sesuaikah dg nilai yg ada di dashboard sebelum kita jalankan iklannya? Reach itu berapa orang yg terjangkau dan impresi itu berapa kali orang yg sama kena iklan kita makanya biasanya lebih besar dari reach.
  • Lihat juga engagement seperti postingan biasa, maka akan ada yg like comment share namun harus diperhatikan bila komentar agar dibalas, hapus yg spam2 atau komen aneh2, semua iklan sudah otomatis efisien oleh fb.
  • Pakai google analytics di web kamu untuk tahu apakah iklan dari fb ads sesuai dg traffic yg datang karena biasanya ada yg klik tapi belum sempat buka dah pergi lagi orangnya. Klo byk maka saran sy coba web page loadingnya di kecilkan atau khusus landing page buat khusus aja.
  • Periksa CTR, rumusnya jumlah click/impressions x100 = … %  nah nilai ini klo bisa diatas 10%, klo masih terlalu kecil maka konten ads nya harus diperbaiki lagi.
  • Hitung ROAS, rumusnya revenue(pendapatan kotor)/biaya iklan.  ini untuk teman2 tahu sebenarnya berapa uang yg dihabiskan per revenue yg dihasilkan.
  • Hitung conversion rate, rumusnya jumlah conversi/jumlah click.   Ini agar dapat diketahui berapa yg klik iklan lalu lanjut membeli, bila di bawah 0.5 atau setengahnya gak sampai maka harus coba di utak atik lagi CTA di landing page nya. Bisa juga ditambah penawaran2 yg menarik agar mereka lagsg beli di LP kita saat itu juga.
  • CPC dan CPM, dua istilah ini untuk optimisasi iklan teman2 ya. Dimana Cost Per Click berarti bayar klo ada yg klik atau Cost Per Mile berarti bayar klo sampai 1000 impresi. Kedua hal ini ada kurang lebihnya, biasanya CPC kecil jangkauannya (bagus utk yg nyari konversi) tapi CPM kecil kliknya (bagus utk yg besarin awareness).
  • Terakhir teman2 harus tahu bagaimana pengaruh iklan yg dijalankan dg akun yg teman2 kembangkan, apakah nambah follower? Apakah nambah banyak yg nanya? Klo flat aja gak ada dampak apa2, coba di eval lagi apakah bisnis ini memang punya audiens yg cukup untuk bisnis taman2 berkembang di platform digital.

4- Contoh Iklan FB yg Keren

Iklan yg keren itu terdiri dari 3 hal: Barangnya memang berguna dan bagus + Gambar & copy yg digunakan sesuai dg value yg diberikan + Target audiencenya sangat tepat sekali dg value barangnya, nah ini lah 3 hal yg teman2 mesti cari dalam upaya pembuatan ads di fb. Namun untuk contoh iklan ini, sy akan tampilkan beberapa contoh visual iklannya saja.

Senin, 25 Oktober 2021

Organic Growth - Day 7

Organik Growth Sosmed

Organik growth (tumbuh) adalah semua kegiatan dalam mengembangkan sosial media dengan menggunakan semua tools yang gratis dari platform sosial media tersebut atau pihak ketiga tapi yang gratis juga. Tujuan utama dari pengembangan sosial media adalah untuk mendapatkan follower atau subscriber yang kita harapkan dapat konsisten untuk berinteraksi dengan akun kita. Lalu lewat interaksi itu kita lebih memahami mereka dan mampu memberikan penawaran yang tepat dan harapannya bisa menumbuhkan bisnis dengan baik.

Strategi Umum:

  • Usahakan aktif di sosmed yang memang ada target marketmu disana
  • Usahakan profil sosmed sesuai dengan bisnis dan pakai logo resmi bila ada
  • Bangun kepercayaan dengan konten yg bisa jawab semua keraguan mereka
  • Manfaatkan fitur yang bisa datangkan audiens baru secara maksimal (hashtag/tags lainnya)
  • Terus engage mereka lewat fitur yang lebih “mendekatkan” (chat/grup/komentar)
  • Biarkan mereka terlibat dengan brand kita lewat UGC (user generated contents)
  • Arahkan dengan CTA (call to action) yang jelas di tiap kontenmu
  • Bersosial lah ke akun lain, tinggalkan komen bagus, dan terlibat kegiatan yg ramai
  • Pakai fitur terbaru dari sosmed itu biasanya lebih diutamakan oleh platformnya

Di awal ngembangin sosmed harus banyak coba jenis-jenis konten dulu untuk mendapatkan sebanyak mungkin engagement (like, share, save, komentar, kunjungan profil, jangkauan, impresi dan lainnya) dan dapat data lebih baik mengenai audience yang aktif di akun kita (rata-rata 3 bulan). Sehingga butuh diatur dan dijadwal dengan baik agar bisa secara konsisten, konten yg dibuat nantinya dievaluasi terus (usahakan untuk terus naik total engagementnya), bisa pakai facebook creator studio untuk platform instagram dan facebook agar bisa jadwalin dan post otomatis, bisa juga pakai canva untuk lakukan hal ini.


Berikut fitur tiap platform :

1- Instagram

  • Pakai akun bisnis agar bisa akses analitik lebih dalam
  • Fitur utama yang mendatangkan follower baru adalah postingan feed dan reels
  • Untuk yang ingin lebih dekat bisa gunakan story dan highlight nya, pakai stiker!
  • IGTV untuk video panjang (bisa sejam), untuk lawan youtube tadinya
  • Live untuk engage followers lama atau buat event biar tambah dekat
  • Tag untuk link shop, hashtag kelompok konten, tag lokasi, tag akun
  • Chat atau DM (direct message) untuk lebih dekat lagi
  • Bisa ngarahin trafik keluar instagram lewat link di bio
  • Audience = banyak di 18 - 34 tahun, millenials rata-rata


2- Facebook

  • Buat page atau grup atau kembangkan akun personal
  • Fitur utama yang datangkan follower adalah post biasa di home/feed
  • Fitur untuk yang lebih dekat ada story, live dan messenger
  • Marketplace untuk jualanannya (gak bisa transaksi langsung kayak bukalapak/tokped ya)
  • Fitur grupnya paling enak, sering jadi tempat bangun list
  • Fitur page agar brand/bisnis punya tempat sendiri dan berbeda dg akun personal
  • Fitur game sosmed jadi bisa kenalan lewat games
  • Tab khusus konten video/gaming (memang ramai yg suka)
  • Fitur memoriesnya bikin sering lihat masa lalu
  • Fitur jobs untuk lihat lowongan
  • Audience = banyak di 34 - 45 tahun, bahkan lebih


3- YouTube

  • Bila punya gmail bisa langsung pakai layanan ini
  • Upload video seperti biasa dan sangat mudah sekali
  • Atur di youtube studio analitiknya dah cukup lengkap
  • Tumbuhnya seperti blogging jadi opsimasi SEO diperlukan sekali
  • Buat playlist agar lebih lama menonton konten kita yg lain otomatis
  • Panjang video sangat menentukan karena dihitung dari jumlah waktu tonton nya
  • Audience = semua umur tapi yg paling aktif anak kecil


4- Twitter atau X

  • Gak bedain bisnis dan personal jadi optimalin bio bahwa ini media bisnismu
  • Berdasar text yang sangat ringan (140 char) mudah sekali viral, bisa ngasih link langsung
  • Sangat bergantung waktu jadi usahakan rajin nge tweet pas lagi ramai online
  • Pakai retweet untuk konten yang relevan dengan message brand mu
  • Penggunaan hashtag sangat dibutuhkan agar konten di bagikan ke orang yg tepat
  • Audience = 16 – 30 tahun, mirip instagram tapi lebih banyak laki-laki


5- LinkedIn

  • Sosmed ini khusus profesional untuk saling terhubung, profile nya seperti resume kerja
  • Bukan berteman tapi terhubung agar bisa berinteraksi
  • Buat page seperti facebook untuk kebutuhan bisnis, kelola klien dan lainnya
  • Fitur grup seperti facebook untuk buat komunitas yg khusus bahas sesuatu
  • Fitur search jobs untuk yang lagi cari kerjaan
  • Fitur hire untuk bisa dapatkan calon karyawan yang sesuai kebutuhan
  • Banyak analitiknya disembunyiin untuk linkedin premium (30$ - 825$ per bulan)
  • Audience = 25 – 34 tahun, banyak umur produktif kerja


6- Tiktok

  • Sosmed ini sangat berorientasi video pendek dengan musik dan joget + filter video
  • Mirip instagram, bisa buat akun creator dan bisnis (lebih optimal buat promosi bisnis)
  • For you page mirip explore instagram usahakan bisa masuk kesini
  • Fitur penggunaan musik dan edit video yang mudah
  • Konten challenge nya sering viral diikutin sama hashtag tertentu
  • Audience = 14 – 24 tahun, banyak gen z


7- Pinterest

  • Sosmed ini berupa konten kurasi bisa gambar atau video
  • Mirip seperti galeri foto bisa disimpan dan diatur
  • Fitur sosmed biasa seperti komentar like share juga ada
  • Basisnya follower seperti instagram
  • Feed yang diberikan sesuai dengan minat kita dan konten yg sering di pin
  • Trafiknya murni karena lihat konten yg bagus (foto/video)
  • Grow seperti blog jadi gunakan teknik SEO, bagus evergreen konten
  • Bisa follow board (kurasi orang lain) untuk terhubung
  • Masukkan link web mu agar terhubung dengan konten pinterest
  • Audience = 18 – 24 tahun, banyak dipakai wanita


Penutup

Semakin kesini semua aplikasi sosmed akan semakin ramah mobile user, bahkan youtube mulai keluarkan fitur short agar lebih ramah mobile user. Beberapa aplikasi seperti instagram bahkan lebih enak lewat mobile dibanding lewat pc tampilannya. Fitur yang ada akan berubah terus seiring teknologi yang makin canggih, hampir semua akan sangat berorientasi ke konten video. Namun yang paling penting adalah tetap jadi brand yang relevan bagi customer dalam kondisi apapun dan jadi yang pertama dalam mencoba fitur-fitur terbaru yang diberikan sosmed.

QRIS KCI

QRIS KCI

Anchor Rinaldi KCI

Lokasi Kegiatan

Pengunjung

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.