Organic Growth - Day 7
Organik growth (tumbuh) adalah semua kegiatan dalam mengembangkan sosial media dengan menggunakan semua tools yang gratis dari platform sosial media tersebut atau pihak ketiga tapi yang gratis juga. Tujuan utama dari pengembangan sosial media adalah untuk mendapatkan follower atau subscriber yang kita harapkan dapat konsisten untuk berinteraksi dengan akun kita. Lalu lewat interaksi itu kita lebih memahami mereka dan mampu memberikan penawaran yang tepat dan harapannya bisa menumbuhkan bisnis dengan baik.
Strategi Umum:
- Usahakan aktif di sosmed yang memang ada target marketmu disana
- Usahakan profil sosmed sesuai dengan bisnis dan pakai logo resmi bila ada
- Bangun kepercayaan dengan konten yg bisa jawab semua keraguan mereka
- Manfaatkan fitur yang bisa datangkan audiens baru secara maksimal (hashtag/tags lainnya)
- Terus engage mereka lewat fitur yang lebih “mendekatkan” (chat/grup/komentar)
- Biarkan mereka terlibat dengan brand kita lewat UGC (user generated contents)
- Arahkan dengan CTA (call to action) yang jelas di tiap kontenmu
- Bersosial lah ke akun lain, tinggalkan komen bagus, dan terlibat kegiatan yg ramai
- Pakai fitur terbaru dari sosmed itu biasanya lebih diutamakan oleh platformnya
Di awal ngembangin sosmed harus banyak coba jenis-jenis konten dulu untuk mendapatkan sebanyak mungkin engagement (like, share, save, komentar, kunjungan profil, jangkauan, impresi dan lainnya) dan dapat data lebih baik mengenai audience yang aktif di akun kita (rata-rata 3 bulan). Sehingga butuh diatur dan dijadwal dengan baik agar bisa secara konsisten, konten yg dibuat nantinya dievaluasi terus (usahakan untuk terus naik total engagementnya), bisa pakai facebook creator studio untuk platform instagram dan facebook agar bisa jadwalin dan post otomatis, bisa juga pakai canva untuk lakukan hal ini.
Berikut fitur tiap platform :
1- Instagram
- Pakai akun bisnis agar bisa akses analitik lebih dalam
- Fitur utama yang mendatangkan follower baru adalah postingan feed dan reels
- Untuk yang ingin lebih dekat bisa gunakan story dan highlight nya, pakai stiker!
- IGTV untuk video panjang (bisa sejam), untuk lawan youtube tadinya
- Live untuk engage followers lama atau buat event biar tambah dekat
- Tag untuk link shop, hashtag kelompok konten, tag lokasi, tag akun
- Chat atau DM (direct message) untuk lebih dekat lagi
- Bisa ngarahin trafik keluar instagram lewat link di bio
- Audience = banyak di 18 - 34 tahun, millenials rata-rata
2- Facebook
- Buat page atau grup atau kembangkan akun personal
- Fitur utama yang datangkan follower adalah post biasa di home/feed
- Fitur untuk yang lebih dekat ada story, live dan messenger
- Marketplace untuk jualanannya (gak bisa transaksi langsung kayak bukalapak/tokped ya)
- Fitur grupnya paling enak, sering jadi tempat bangun list
- Fitur page agar brand/bisnis punya tempat sendiri dan berbeda dg akun personal
- Fitur game sosmed jadi bisa kenalan lewat games
- Tab khusus konten video/gaming (memang ramai yg suka)
- Fitur memoriesnya bikin sering lihat masa lalu
- Fitur jobs untuk lihat lowongan
- Audience = banyak di 34 - 45 tahun, bahkan lebih
3- YouTube
- Bila punya gmail bisa langsung pakai layanan ini
- Upload video seperti biasa dan sangat mudah sekali
- Atur di youtube studio analitiknya dah cukup lengkap
- Tumbuhnya seperti blogging jadi opsimasi SEO diperlukan sekali
- Buat playlist agar lebih lama menonton konten kita yg lain otomatis
- Panjang video sangat menentukan karena dihitung dari jumlah waktu tonton nya
- Audience = semua umur tapi yg paling aktif anak kecil
4- Twitter atau X
- Gak bedain bisnis dan personal jadi optimalin bio bahwa ini media bisnismu
- Berdasar text yang sangat ringan (140 char) mudah sekali viral, bisa ngasih link langsung
- Sangat bergantung waktu jadi usahakan rajin nge tweet pas lagi ramai online
- Pakai retweet untuk konten yang relevan dengan message brand mu
- Penggunaan hashtag sangat dibutuhkan agar konten di bagikan ke orang yg tepat
- Audience = 16 – 30 tahun, mirip instagram tapi lebih banyak laki-laki
5- LinkedIn
- Sosmed ini khusus profesional untuk saling terhubung, profile nya seperti resume kerja
- Bukan berteman tapi terhubung agar bisa berinteraksi
- Buat page seperti facebook untuk kebutuhan bisnis, kelola klien dan lainnya
- Fitur grup seperti facebook untuk buat komunitas yg khusus bahas sesuatu
- Fitur search jobs untuk yang lagi cari kerjaan
- Fitur hire untuk bisa dapatkan calon karyawan yang sesuai kebutuhan
- Banyak analitiknya disembunyiin untuk linkedin premium (30$ - 825$ per bulan)
- Audience = 25 – 34 tahun, banyak umur produktif kerja
6- Tiktok
- Sosmed ini sangat berorientasi video pendek dengan musik dan joget + filter video
- Mirip instagram, bisa buat akun creator dan bisnis (lebih optimal buat promosi bisnis)
- For you page mirip explore instagram usahakan bisa masuk kesini
- Fitur penggunaan musik dan edit video yang mudah
- Konten challenge nya sering viral diikutin sama hashtag tertentu
- Audience = 14 – 24 tahun, banyak gen z
7- Pinterest
- Sosmed ini berupa konten kurasi bisa gambar atau video
- Mirip seperti galeri foto bisa disimpan dan diatur
- Fitur sosmed biasa seperti komentar like share juga ada
- Basisnya follower seperti instagram
- Feed yang diberikan sesuai dengan minat kita dan konten yg sering di pin
- Trafiknya murni karena lihat konten yg bagus (foto/video)
- Grow seperti blog jadi gunakan teknik SEO, bagus evergreen konten
- Bisa follow board (kurasi orang lain) untuk terhubung
- Masukkan link web mu agar terhubung dengan konten pinterest
- Audience = 18 – 24 tahun, banyak dipakai wanita
Penutup
Semakin kesini semua aplikasi sosmed akan semakin ramah mobile user, bahkan youtube mulai keluarkan fitur short agar lebih ramah mobile user. Beberapa aplikasi seperti instagram bahkan lebih enak lewat mobile dibanding lewat pc tampilannya. Fitur yang ada akan berubah terus seiring teknologi yang makin canggih, hampir semua akan sangat berorientasi ke konten video. Namun yang paling penting adalah tetap jadi brand yang relevan bagi customer dalam kondisi apapun dan jadi yang pertama dalam mencoba fitur-fitur terbaru yang diberikan sosmed.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan komentar kirim ke email kami :)