Branding Basic - Day 5
Belajar ttg market dan personanya untuk kenal lebih dekat siapa pelangganmu, belajar teknik selling agar tau bagaimana menjual sesuatu lebih banyak dan memulai buat hubungan dg target market lewat buat penawaran yg menarik. Nah, klo branding ini adalah ilmu untuk membangun persepsi dalam kepala konsumenmu agar mereka semakin percaya dan yakin beli di kamu.
1- Apakah Branding & Merk itu sama?
Ilmu branding ini punya beberapa istilah yg mesti diketahui:
- brand blueprint/deck: rancangan brandmu berupa visual identity yg sesuai target market
- brand aktivasi: semua aktivitas yg kamu lakukan agar brandmu tercermin di dunia nyata
- brand mu: refleksi dari semua ttg brandmu yg target market tangkap
- brand equitas: total nilai penjualanan karena ada brandmu di produk tersebut/besar fans
Merk atau logo memang adalah salah satu produk dari branding, namun itu bukan satu2nya yg mencerminkan kegiatan branding. Banyak hal lagi yg mesti dilakukan agar kita benar2 bisa memberikan experience yg baik pd konsumen dan lewat interaksi dg produk/servie kita maka terbentuklah brandmu. Makanya branding itu terjadinya setelah pembelian walaupun dirancang jauh sebelum launching.
Selain itu, brand ini adanya dalam benak konsumen jadi tidak bisa dilihat hasilnya langsung tapi harus diuji lewat interaksi dan penawaran2 lainnya. Bila sukses maka semua bentuk penawaran akan diambil, bila ada masalah mereka akan bantu, bila kamu buat konten dia akan bantu sebarin dan jadi pembelamu di dunia digital ini. Sebegitu powerfulnya branding maka dibuat aturan sendiri untuk melindungi brand atau merk milikmu, karena orang - orang/pelangganmu taunya nama itu apa, tidak kenal siapa dibelakangnya dan memang gak peduli sih, kecuali si pemilik brand kuat juga brand personalnya.
2- Brand Blueprint & Unique Value Proposition
Diawal yg bisa kita lakukan adalah mulai buat blueprint brand kita, mau dikenal seperti apa? Atau mau dipersepsikan sebagai apa? Lalu diset visualnya dari web sosmed dan media2 lain yg dipakai lalu jingel/lagu khas, tagline, dan hal2 yg direncanakan utk dilakukan agar semakin kuat tertanam bahwa brandmu sesuai dg citra yg diinginkan. Bisa dibilang dalam blueprint ini semua janji2 manis mengenai bisnis dicerminkan disini.
Agar brand teman2 standout maka pilih satu keunikan yg akan ditonjolkan terus menerus di setiap media yg dipakai. Klo makanan rasa pedesnya nendang, klo pakaian misalnya sangat nyaman dan lembut dipakai, klo laptop misalnya paling canggih, semua klaim ini dibuat berdasarkan kelebihan yg unik dari produkmu. Diawal2 buat aja dulu gak apa sambil liat reaksi pasar seperti apa, untuk bisnis kecil masih bisa bereksperimen tapi utk yg besar klo bisa perubahannya jgn byk ke visual lagi tapi lebih ke culture perusahaan yg diubahnya jadi lebih byk didalam yg berubah.
3- Pengalaman Konsumen (Experience)
Setelah pembelian terjadi maka konsumen akan langsung mengevaluasi pengalaman mereka ketika bersentuhan dg brandmu, ketika inilah brand itu terbentuk. Maka untuk mendalami ini ada ilmu khusus yaitu: marketing experiencial atau user experience (UX) dimana semua aspek produk yg bersentuhan dg konsumen kita evaluasi secara detail. Evaluasinya bisa lewat survey, percakapan, hampir mirip seperti riset pasar saja.
Misalnya saja teman2 ingin menciptakan brand yg ramah, maka ketika ada konsumen yg nanya cara jawabnya sudah diset agar seramah mungkin. Lalu pas konsumen komplain benar2 dilayani dan dikonfirmasi agar tidak ada yg terlewat dg seramah mungkin. Lalu setelah terjadi pembelian ada kartu ucapan org lagi senyum berterimakasih karena sudah beli di toko kita, rangkaian aktivitas ini akan membentuk pengalaman yg tak terlupakan sehingga konsumen tadi jadi susah mau pindah ke toko lain.
Aturan yg mesti teman2 pegang ketika merancang pengalaman yg unik cuma satu yaitu konsisten dg brand dan komitmen utk mewujudkan janji2 yg diucapkan brand kita. Bila ada gap antara janji brandmu dg realitas yg konsumen terima maka mereka akan komplain dan mungkin akan langsung ngecap brandmu jelek. Namun bila pengalamannya menyenangkan bahkan brandmu bisa melebihi ekspektasi mereka maka konsumen akan pelan2 berubah menjadi fans mu.
4- Keuntungan Penggunaan Brand
Karena branding ini adalah hal yg sulit namun perlu dilakukan agar teman2 dapat manfaat dari aktivitas ini, berikut bbrp keuntungan punya brand yg kuat:
- konsumen jd bisa bedakan mana brand dari produkmu mana yg bukan
- konsumen akan meningkat loyalitasnya terhadap brandmu
- mempermudah marketing agar lebih dipercaya karena berkarakter
- membantu sales produk2 lain yg nantinya pakai brand ini
- membantu untuk jadi penjamin standar kualitas produk2 lain
- membantu untuk dapat talent2 bagus karena percaya brand kita
- memudahkan dalam kolaborasi dg brand lain karena sudah dikenal
5- Contoh Penerapan Brand
Penerapan brand bisa dilihat bagaimana perusahaan seperti NIKE atau Apple membina pasarnya sehingga fans produk ini benar2 kuat. Bisa juga dilihat bagaimana pak jokowi dg citra ndeso-nya bisa memenangkan kontestasi politik. Banyak sekali contoh2 brand besar disekitar kita yg dapat kita rasakan langsung bagaimana efeknya ketika kita dihadapkan pada barang yg sama namun punya merk atau brand yg beda di kepala kita.
Perusahaan2 kecil masih bisa bereksperimen untuk memilih nama yg cocok, tagline yg pas, bahkan value uniknya masih bisa diganti2 sesuai target market yg terus bertumbuh. Namun bila sudah menetapkan hati maka tinggal konsisten saja lalu jangan lupa untuk mendaftarkan merk yg kalian gunakan sebelum didahului orang lain.
Apa itu canva dan bagaimana pakainya?
Diakhir ini kami ingin mengajarkan teman2 untuk setidaknya bisa gunakan canva untuk buat konten karena nantinya lewat konten yg ada itulah datang target market teman2. Canva sendiri tidak sesulit alat desain lain karena templatenya yg sudah menyesuaikan untuk keperluan marketing. Tidak perlu beli yg pro, awal2 ini cukup yg free saja dulu sambil kembangin mau seperti apa visual brandnya nanti. Yang penting ada internet lancar karena aplikasi ini butuh online dan tidak bisa beroperasi saat offline.
Template di canva memungkinkan kamu untuk buat cover facebook, postingan ig, pinterest post, ebook cover, infografis, resume, file GIF untuk meme, animasi, atau video produk dll, jadi sangat banyak ya yg bisa dilakukan dg canva ini. Tampilan muka nya pun sangat user friendly dan tidak bikin bingung, plus bisa ngerjain bareng team lewat apps ini. Saya nyaranin teman2 utk pakai versi yg desktop aja tapi bila gak ada laptop bisa yg versi mobilenya dulu.
Tutorial canva ada dalam bentuk video, menyusul nanti akan diupload di channel materi
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan komentar kirim ke email kami :)